Dampak Buruk Jika Kamu Malas Mandi

- Jurnalis

Thursday, 15 August 2024 - 14:44 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MIM,15 Agustus 2024

mediaindonesia.com// “Buat apa mandi, kan enggak keringatan?” Kalimat tersebut sering dijadikan alasan orang-orang yang malas mandi, Ladies. Padahal, mandi itu penting bagi kesehatan fisik dan mental, lho.

Melansir Cleveland Clinic, mandi sangat diperlukan untuk membersihkan kulit, menghindari iritasi, peradangan, dan luka yang disebabkan oleh penumpukan sel kulit mati.

Namun, tidak sedikit orang yang malas mandi karena berbagai alasan, seperti cuaca yang dingin, kesibukan, atau bahkan hanya karena merasa tidak perlu. Padahal, kebiasaan malas mandi dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan kulit.

Berikut adalah beberapa dampak yang bisa terjadi jika seseorang malas mandi.

4 Masalah Akibat Tidak Rutin Mandi

1. Kulit Jadi Kusam

Kulit menghasilkan minyak alami (sebum) yang berfungsi untuk melindungi dan melembabkan. Namun, jika tidak dibersihkan, minyak ini bisa bercampur dengan kotoran, debu, dan sel kulit mati, sehingga menyebabkan kulit terlihat kusam dan kotor.

Sel kulit alami akan digantikan oleh sel baru. Nah, jika kamu tidak mandi dengan baik, makan sel kulit mati akan menumpuk di permukaan kulit sehingga membuat kulit tampak kusam. Karenanya, pastikan kamu mandi menggunakan sabun dengan kandungan tepat.

Lifebuoy kini punya solusinya, Ladies. Ada Lifebuoy Shiso yang merupakan sabun antibakteri yang memberikan manfaat bagi kulit, 100 persen lebih kuat lawan kuman, rawat skin barrier, dan membuat kulit sehat glowing.

Lifebuoy Naturals sengaja memilih Shiso karena daun ini sudah digunakan di dunia medis sebagai penyembuhan dan perawatan kulit. Daun shiso yang diekstrak akan menghasilkan asam lemak yang baik untuk merawat skin barrier dan mengembalikan tekstur kulit.

Baca Juga :  Kapolri terima audiensi ketua PSSI

2. Jerawat Tubuh

Ladies, penumpukan minyak dapat menyebabkan berkumpulnya bakteri penyebab jerawat. Kotoran dan kulit mati dapat menambah masalah dengan menyumbat pori-pori. Hal inilah yang menjadi cikal bakal jerawat tumbuh pada kulit tubuh, terutama pada bagian punggung.

Sebelum hal ini terjadi, pastikan kamu mandi secara rutin, terutama jika kamu banyak berkeringat. Tapi ingat, pastikan juga kamu mandi menggunakan sabun yang bersifat non-komedogenik tidak membuat kulit kering.

Untuk masalah ini, Lifebuoy juga punya solusinya untuk kamu. Lifebuoy Naturals menghadirkan varian Matcha untuk melawan jerawat tubuh. Matcha sendiri sudah dikenal bersifat antibakteri, dapat melawan kuman dengan baik. Tidak hanya itu, matcha juga bersifat antioksidan dan inflamasi yang membantu mengontrol jerawat.

Lifebuoy Matcha juga punya dibuat dari bahan dasar tanaman. Kamu juga tidak perlu heran jika wanginya semerbak karena ada kandungan tea, grape fruit, verbena, musk, amber, geranium, dan jasmine. Kulitmu juga terjaga karena sudah bebas dari paraben, lembut di kulit, dan sudah teruji secara dermatologis.

3. Gatal-gatal

Ladies, ketika keringat mengering di kulit, garam dan zat lain yang terkandung dalam keringat dapat menyebabkan iritasi. Ini sering memicu rasa gatal, terutama jika keringat bercampur dengan kotoran dan tidak segera dibersihkan.

Tidak hanya itu, kotoran, debu, dan polusi yang menempel di kulit juga bisa mengandung alergen dan iritan yang menyebabkan reaksi alergi atau iritasi kulit, yang sering disertai dengan rasa gatal.

Kamu tidak perlu khawatir, Ladies. karena ada yoghurt yang sebetulnya bisa dijadikan salah satu alternatif. Yoghurt dikenal sebagai zat aktif yang bisa menghilangkan kuman penyebab gatal dan dapat menghilangkan infeksi jamur. Kandungan dalam Lifebuoy Yoghurt juga dapat meningkatkan kelembapan tekstur kulit.

Baca Juga :  Hari Terakhir PON XXI Aceh-Sumut: Perolehan Medali Jabar Ungguli DKI

Sabun yang satu ini punya harum yang cenderung manis dengan middle notes dari rose, violet, hawthorn dan base notes berupa white musk, vanilla, dan sandalwood. Lifebuoy Yoghurt ini juga 100 persen lebih kuat lawan kuman penyebab gatal.

4. Keringat Berlebih di Area Tersembunyi

Keringat berfungsi mengatur suhu tubuh saat kita mengalami keadaan yang terlalu panas. Terdiri dari 99 persen air dan sejumlah kecil garam serta lemak. Sebetulnya, keringat manusia tidak memiliki bau lho, Ladies.

Namun, keringat yang muncul di area kelenjar apokrin (di ketiak dan genital) bisa menyebabkan bau badan jika bersentuhan dengan bakteri. Jadi, pastikan kamu selalu menjaga kebersihan tubuh agar terhindar dari bau badan.

Ya Ladies, cuaca Indonesia yang panas dan lembab memicu timbulnya keringat berlebih. Apalagi bagi kamu yang berhijab, area seperti punggung, siku, dan area yang terikat ketat di bagian leher serta kaki bisa menjadi tempat berkembangnya kuman dan bakteri.

Untuk menghindari bau badan di area-area penting ini, pilih Lifebuoy Tin Zaitun yang bisa melakukan deep cleanse kuman di lipatan tubuh. Wangi varian ini juga segar karena punya harum dari tuberose, iris, dan jasmine.

Seluruh produk Lifebuoy Naturals ini sudah tersedia di supermarket, hypermarket, dan marketplace kesayangan kamu. Tutupnya sudah didesain anti-tumpah, lho.

(Red :Yohan

Berita Terkait

Pemkot Salurkan Bansos Sembako Ratusan Lansia dan Disabilitas
Polemik Angkutan Batu Bara, DPRD Paser Tetap Minta Utamakan Kepentingan Masyarakat
Kasus Suap Hakim PN Surabaya Berawal dari Kecurigaan Vonis Bebas Ronald Tannur
Ahmad Luthfi Angkat Suara soal Isu Benturan TNI-Polri di Pilgub Jateng
Ekonomi Sulit, Pedangang Menjerit
Prabowo Gelar Sidang Kabinet Paripurna Perdana Hari Ini
Riset Microsoft: Ada 600 Juta Serangan Siber per Hari, Password Jadi Target Utama
Prabowo Bakal Terbitkan Perpres untuk Hapus Utang 6 Juta Petani dan Nelayan
Berita ini 0 kali dibaca

Berita Terkait

Thursday, 24 October 2024 - 17:37 WIB

Pemkot Salurkan Bansos Sembako Ratusan Lansia dan Disabilitas

Thursday, 24 October 2024 - 13:58 WIB

Polemik Angkutan Batu Bara, DPRD Paser Tetap Minta Utamakan Kepentingan Masyarakat

Thursday, 24 October 2024 - 10:03 WIB

Kasus Suap Hakim PN Surabaya Berawal dari Kecurigaan Vonis Bebas Ronald Tannur

Thursday, 24 October 2024 - 10:00 WIB

Ahmad Luthfi Angkat Suara soal Isu Benturan TNI-Polri di Pilgub Jateng

Thursday, 24 October 2024 - 09:51 WIB

Ekonomi Sulit, Pedangang Menjerit

Berita Terbaru

Berita

Pemkot Salurkan Bansos Sembako Ratusan Lansia dan Disabilitas

Thursday, 24 Oct 2024 - 17:37 WIB

Berita

Ekonomi Sulit, Pedangang Menjerit

Thursday, 24 Oct 2024 - 09:51 WIB