Kontingen Jateng Bawa 260 Medali PON

- Jurnalis

Monday, 23 September 2024 - 09:00 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

MIM, JAWA TENGAH, 23 SEPTEMBER 2024

Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana menyambut kedatangan Kontingen Jawa Tengah yang telah berjuang pada PON XXI/2024 Aceh-Sumatera Utara (Sumut) di Bandara Ahmad Yani Kota Semarang.
Pada kesempatan tersebut, Nana berterima kasih kepada para kontingen yang telah membawa Jateng bertengger di peringkat kelima klasemen akhir. Ia mengatakan penyambutan kepulangan Kontingen Jateng itu hanya seremonial. Sebab, masih ada atlet, pelatih, dan ofisial yang masih berada di Aceh dan Sumut.

Nana pun menjadwalkan akan segera mengundang seluruh patriot olahraga Jateng tersebut untuk menyerahkan penghargaan atas prestasi yang diraih. “Selamat dan terima kasih untuk para patriot, pejuang, dan pahlawan olahraga Jateng, karena telah mengangkat nama baik Jateng pada PON XXI Aceh-Sumut,” kata Nana dalam keterangan tertulis, Sabtu (21/9/2024).

“Perjuangan ini tidak mudah, perlu talenta, profesionalitas, kesabaran, dan keuletan untuk memberikan hasil optimal,” ucapnya.Lebih lanjut, Nana menjelaskan perjuangan kontingen Jateng hingga bisa bertengger di posisi kelima klasemen akhir perolehan medali tentunya melewati banyak rintangan. Pada awal penyelenggaraan, Jateng sempat berada di posisi 21 dari 38 provinsi. Medali emas Jateng baru diperoleh sehari setelah pembukaan.

Baca Juga :  Usia Ideal untuk Memberikan Smartphone kepada Anak Menurut Bill Gates

Namun, perlahan dan pasti, kran medali emas Jateng terus mengalir. Peringkat di klasemen terus naik sampai masuk 10 besar dan terus merangsak ke peringkat 6. Pada posisi 6 ini Jateng sempat tertahan di bawah dua tuan rumah, Sumut dan Aceh.

“H-1 sebelum penutupan, baru kita bisa menggeser tuan rumah (Aceh). Akhirnya kita bercokol di posisi kelima dengan perolehan 71 emas, 74 perak, dan 115 perunggu (total 260 medali),” jelas Nana. Nana menjelaskan seluruh medali yang terkumpul disumbangkan oleh 260 nomor dari 60 cabang olahraga (cabor) yang diikuti oleh Kontingen Jateng. Secara rinci, ada 34 cabor yang meraih medali emas, 12 cabor meraih perak, dan 14 cabor meraih perunggu. Dari capaian itu, setidaknya ada enam cabor yang menjadi juara umum, sedangkan tiga cabor tanpa medali satupun.

“Ini membanggakan karena dari sekian banyak medali yang didapatkan hampir separuh diperoleh atlet yang baru ikut PON,” ucap Nana. Nana berharap pada gelaran PON berikutnya Jawa Tengah dapat masuk tiga besar atau bahkan menjadi juara umum. Ia menilai potensi tersebut ada jika melihat perolehan medali pada PON Aceh-Sumut ini.

Baca Juga :  Squad Persiku Dielu-elukan Ribuan Suporter

Ia pun menegaskan Pemprov Jateng akan mendukung penuh untuk pembinaan atlet dan olahraga di Jawa Tengah. Dukungan itu sudah dimulai tahun ini dengan memberikan bantuan peralatan kepada masing-masing klub atau cabor. “Kita dukung sepenuhnya. Sementara baru 21 cabor, tahun 2025 nanti akan ditambahkan. Tahun ini kita juga gelar Specta sebagai ajang promosi pariwisata, mencari bibit-bibit atlet potensial, dan menambah pengalaman bertanding,” paparnya.

Sementara itu salah satu atlet cabor bulutangkis asal kontingen Jateng, Aura Ihza Aulia mengaku senang dan bangga mampu menyumbang emas bagi Jawa Tengah. Menurutnya, motivasi dan semangat yang diberikan menjadi kekuatan untuk berjuang sampai akhir pada setiap pertandingan.

Senada, Atlet Kick Boxing Jateng Firman Muharram Syach mengatakan motivasi tertingginya adalah keluarga serta dukungan dari semua pihak. Medali emas yang disumbangkan untuk Jateng merupakan hasil kerja keras seluruh tim.

Di sisi lain, Ketua KONI Jateng, Bona Ventura mengatakan capaian kontingen jateng ini dikarenakan adanya kekompakan, kesolidan, dan fokus selama masa persiapan hingga pertandingan. Hal tersebut ditambah lagi, dengan support langsung dari Pj Gubernur Nana Sudjana yang turun ke bawah untuk memotivasi atlet di Aceh.

Dari detikjateng

Berita Terkait

Hasil Liga Champions: Man City dan Barcelona Berpesta
Mengenal Akmil, Tempat Pembekalan Anggota Kabinet Prabowo di Magelang
Profil Sekretaris Negara dan Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Merah Putih, Prasetyo Hadi dan Mayor Teddy
Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup: Siapkan Petualangan Terakhir Sebelum 31 Oktober 2024!
Ciptakan Gelang Pendeteksi Bencana, Mahasiswa Indonesia Juara Kompetisi Internasional
Program Magang ke Jepang 2024, Langkah Pemprov Jateng Tekan Pengangguran
Prabowo Lantik Prof. Fauzan dan Prof. Stella Christie sebagai Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi
Prof. Fauzan: Dari Anak Desa Menjadi Wakil Menteri Pendidikan Tinggi yang Inspiratif
Berita ini 2 kali dibaca

Berita Terkait

Thursday, 24 October 2024 - 08:29 WIB

Hasil Liga Champions: Man City dan Barcelona Berpesta

Thursday, 24 October 2024 - 08:26 WIB

Mengenal Akmil, Tempat Pembekalan Anggota Kabinet Prabowo di Magelang

Thursday, 24 October 2024 - 08:25 WIB

Profil Sekretaris Negara dan Sekretaris Kabinet dalam Kabinet Merah Putih, Prasetyo Hadi dan Mayor Teddy

Wednesday, 23 October 2024 - 08:35 WIB

Jalur Pendakian Gunung Merbabu Ditutup: Siapkan Petualangan Terakhir Sebelum 31 Oktober 2024!

Wednesday, 23 October 2024 - 08:06 WIB

Ciptakan Gelang Pendeteksi Bencana, Mahasiswa Indonesia Juara Kompetisi Internasional

Berita Terbaru

Berita

Pemkot Salurkan Bansos Sembako Ratusan Lansia dan Disabilitas

Thursday, 24 Oct 2024 - 17:37 WIB

Berita

Ekonomi Sulit, Pedangang Menjerit

Thursday, 24 Oct 2024 - 09:51 WIB